Memilih Theme Yang Bagus Untuk AdSense

Google Adsense Here

Memilih Theme Yang Bagus Untuk AdSense, Di dalam bisnis konten, sudah pasti faktor utama yang paling penting adalah konten. Tapi kalau konten tidak dibungkus dengan tampilan yang sesuai, hasilnya tetap buruk. Memilih theme untuk website AdSense itu tidak sederhana, kalau Anda tidak tahu ilmunya. Nah, pelajaran kali ini akan memberitahukan pada Anda, bagaimana membuat proses penentuan theme menjadi sederhana. Saya Seorang Programmer, Saya sangat mengerti apa yang sedang saya bahas di sini. Saya sudah membuat banyak theme dan plugin berbasis WordPress. Saya juga mempelajari bagaimana cara Google menjadikan HTML(5) sebagai standar mereka dalam membaca sebuah website.

Apa yang akan Anda butuhkan terkait theme ini mencakup beberapa hal umum, diantaranya:

Kecepatan website saat diakses.
Mempunyai User Interface (UI) yang memanjakan mata.
Menawarkan User Experience (UX) yang menakjubkan.
Mudah dikenali oleh Google, terutama tag-tagnya.

Google Adsense Here

4 poin di atas itu hal-hal yang umum dan memang harus ada. Tapi ada hal-hal khusus yang juga perlu Anda ketahui. Mari kita ulas lebih lanjut.
Saya Mencoba Banyak Theme

Ada banyak theme yang mempunyai reputasi bagus, baik theme gratis maupun premium. Saya sudah pernah menggunakan berbagai macam theme yang bertebaran di jagat maya.

Tidak sedikit pengalaman buruk saya dapat saat menggunakan theme yang beragam itu. Level buruknya pun beragam. Di pelajaran kali ini saya akan membahas theme yang layak untuk Anda pakai di bisnis AdSense.
Pilih yang Sustainable

Sustainable atau keberlangsungan yang baik (untuk jangka panjang). Kita bicara bisnis, tentunya pertimbangan terkait sustainable ini menjadi salah satu faktor yang tidak boleh dilewatkan.

Sampai sini, mungkin Anda sudah mulai mengerti mengapa bagus saja tidak cukup, cepat tidak cukup, bahkan theme yang menawarkan posisi iklan dengan CTR (Click Through Rate) yang tinggi juga masih belum cukup.
Developer Harus Berbentuk Tim

Ketika masuk ke ranah bisnis, jangan pernah membeli theme yang dibuat oleh satu-dua orang. Kalimat barusan sepertinya layak untuk Anda berikan garis bawah, bold, stabilo warna hijau terang.

WordPress adalah Content Management System (CMS ) yang terus menerus diperbarui oleh komunitasnya. Setiap kali ada perubahan (update) sistem dan fitur, otomatis theme juga melakukan penyesuaian.

Apa jadinya ketika WordPress melakukan update, tapi theme tidak mengikuti teknologi terbaru? Hal-hal ini bisa saja terjadi:

Website Anda menjadi lemah securitynya, karena ada bugs yang tidak ditutup. Jangan sampai asset yang sekian lama Anda bangun menjadi hancur seketika.
Beberapa fitur jadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
Tidak bisa menikmati fitur baru bawaan update WordPress, yang harusnya bisa Anda nikmati.

Sudah pasti ketika developer ini terdiri dari sebuah tim atau perusahaan yang sudah punya reputasi, Anda bisa lebih tenang dan fokus melakukan produksi konten berkualitas.
Support dan Dokumentasi yang Bagus

Percuma Anda mempunyai theme bagus tapi tidak tahu atau kesulitan tentang bagaimana cara menggunakannya karena tidak ada atau buruknya dokumentasi terkait theme tersebut.

Dan ini semakin parah ketika Anda tidak mendapatkan support untuk curhat tentang masalah yang Anda jumpai saat menggunakan theme yang Anda punya.

Ketika theme ini berada di bawah developer yang profesional, dokumentasi dan support adalah hal yang sudah menjadi standar service (layanan) saat Anda membeli theme.
Theme yang Saya Rekomendasi

Di atas sudah dibahas bagaimana desain dan pola kerja sebuah tim dalam membuat mahakarya. Bagaimana mahakarya itu bisa tetap terkelola dengan baik meski programmernya berganti tangan.

Estetika tentang teamwork sangat perlu diperhatikan di sini.

Dalam dunia bisnis, posisi Anda dan theme developer adalah B2B (Business to Business –sesama pebisnis). Anda sedang mengerjakan bisnis dengan target bisa fokus produksi konten, tidak mau pusing dengan adanya update, bugs, kecacatan, dll. Anda harus memberikan kepercayaan itu pada pihak yang tepat. Di bawah ini saya berikan 2 rekomendasi theme yang bagus untuk Anda pakai dalam bisnis AdSense.

Elevan40 garapan StudioPress.
Magazine yang didevelop Themify.

Theme yang saya rekomendasikan ini sudah melalui filter versi saya, yang di antaranya:

Memiliki tampilan bagus, nyaman di mata.
Sudah mempunyai desain yang responsive.
User experience bisa dibilang cukup.
Mempunyai CTR AdSense yang tinggi.
Ringan.
SEO Friendly.
Struktur pemrograman yang bagus dan rapi.

Yang paling penting, theme di atas disupport oleh tim yang handal dan profesional terkait after-sales (updatedan support).
Kesimpulan

Sekali lagi, jangan hanya tergiur dengan tampilan yang aduhai, yang terpenting adalah SEO Friendly dan layanan after-salesnya.

Saya pernah menulis tentang ‘bahaya’ nya beli theme di themeforest. Tulisan itu bisa Anda baca di sini.

Google Adsense Here